Kompetensi Lulusan

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO (S1)

Profil Lulusan Pendidikan Teknik Elektro

  1. Tenaga Pendidik (widyaiswara/guru, instruktur, dan tutor) di bidang pendidikan teknik elektronika.
  2. Tenaga Kependidikan (Pranata Laboratorium Pendidikan)
  3. Teknisi, Pelaksana Pengawas di bidang pendidikan teknik elektronika.
  4. Supervisor, advisor di bidang pendidikan teknik elektronika.
  5. Wirausahawaan

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan teknik elektronika secara mandiri;
  10. menginternalisas semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

PENGETAHUAN (P)

  1. Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik pendidikan kejuruan serta keilmuan teknik elektro untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).
  2. Menguasai konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuan teknik elektro yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan menengah kejuruan serta studi ke jenjang berikutnya;
  3. Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik teknik elektro serta penelitian untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan.
  4. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa, sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem tenaga listrik, otomasi industri, dan sistem refrigerasi;
  5. menguasai prinsip dan teknik sistem tenaga listrik, instalasi listrik, otomasi industri, dan sistem refrigerasi
  6. menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  7. menguasai pengetahuan tentang teknik elektro dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang pendidikan teknik elektronika.

KETERAMPILAN UMUM (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tuga akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jarinag kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS (KK)

  1. Mampu menerapkan konsep dan prinsip pedagogi, didaktik serta keilmuan teknik ketenagalistrikan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi pembelajaran, dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills) 2
  2. Mampu menerapkan konsep, struktur, materi dan pola piker keilmuan teknik ketenagalistrikan yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah serta ke jenjang berikutnya
  3. Mampu melaksanakan konsep dan prinsip pedagogi, didaktik teknik ketenagalistrikan serta penelitian untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik di bidang teknik ketenagalistrikan
  4. Mampu melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan teknik elektro
  5. Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan teknik elektro berdasarkan informasi dan data yang relevan
  6. Mampu mempertanggungjawabkan pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi dan dapat bekerja dalam kelompok
  7. Mampu enguasai konsep, prinsip dasar dan implementasi kewirausahan

PROFIL PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D – IV) TEKNIK ELEKTRO

Profil Lulusan D4 Teknik Elektro adalah:

1. Electric Power System Engineer

Lulusan memiliki kemampuan:

Merancang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi dan utilisasi tenaga listrik.

  • Mengawasi operasi sistem tenaga listrik.
  • Melakukan pemecahan masalah dalam bidang sistem tenaga listrik.
  • Mengambil keputusan yang tepat melalui analisis, sintesis dan evaluasi terhadap data dan informasi

2. Control System Engineer

Lulusan memiliki kemampuan:

  • Merancang sistem control manual, semi otomatis, otomatis, berbasis control elektromagnetis, hidrolis dan pneumatis serta penerapan sistem control elektronik berbasis PLC dan Mikrokontroller.
  • Mengawasi operasi sistem
  • Melakukan pemecahan masalah dalam bidang sistem kontrol.
  • Mengambil keputusan yang tepat melalui analisis, sintesis dan evaluasi terhadap data dan informasi.

3. Electrical Technopreneurship

Lulusan memiliki kemampuan:

  1. Mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang pasar.
  2. Menemukan solusi untuk mengisi peluang pasar.
  3. Memperoleh sumber daya yang diperlukan (orang, uang dan peralatan) untuk menjalankan bisnis.
  4. Mengelola sumber daya dari tahap awal (start-up) ke fase bertahan (survival) sampai ke fase pengembangan (ekspansi).
  5. Mengelola risiko-risiko yang berkaitan dengan bisnisnya.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8.  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Memiliki kejujuran dan dedikasi tinggi terhadap karya dan pekerjaan, mau dan mampu bekerja keras, mempunyai visi ke depan, mampu bekerja sama dalam tim, mampu bekerja dalam tekanan, memiliki disiplin kerja, kreativitas tinggi, jiwa kepemimpinan, kemandirian dan komunikasi/adaptasi yang baik

PENGETAHUAN (P)

  1. Menguasai basic science yang kuat sebagai ilmu dasar keteknikelektroan.
  2. Menguasai prinsip, konsep dan teknik perancangan pembangkit tenaga listrik, transmisi daya listrik, gardu induk, distribusi tenaga listrik dan utilisasi tenaga listrik.
  3. Menguasai prinsip, konsep dan teknik perancangan sistem kontrol  elektromagnetis, pneumatic, hidrolik, elektronika, mencakup kemampuan kontrol/kendali otomatis menggunakan mikrokontroler, PLC, instrumentasi
  4.  Menguasai aplikasi pemprograman dasar seperti Dev C++, Java dan Phyton.
  5. Menguasai aplikasi program komputer pada bidang sistem tenaga listrik seperti: Matlab, Etap, PSSE, PWS, EMTP, Scada, Autocad, Dialux,  Pinnacle, google sketchup, EWB, Multisim, ISIS Proteus, Xilink.
  6. Menguasai aplikasi pemprograman mikrokontroller seperti, AVR Studio, Code Vision, Extrem Burner dan MPLAB Compiler.
  7. Menguasai aplikasi programmable Logic Controller seperti Omron, Siemen, Zelio Logic, Samsung.

KETERAMPILAN UMUM (KU)

  1. Memiliki sikap profesionalisme
  2. Mampu bekerja secara tim
  3. Mengutamakan keamanan dan keselamatan kerja
  4. Memahami konsep manajemen proyek
  5. Mampu melakukan analisis masalah
  6. Memiliki prinsip ekonomi bisnis, menjaga/memberi jaminan kualitas (quality assurance)
  7. Memahami konsep teknik pelaporan.
  8. Bertanggung jawab kepada pekerjaan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, etis, apresiatif dan partisipatif.
  9. Mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri dan secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat bidang elektronika yang sesuai dan atau masyarakat umum

KETERAMPILAN KHUSUS  (KK)

  1. Mampu merancang sistem tenaga listrik mulai dari sistem pambangkitan menggunakan energy fosil dan energi terbarukan, sistem transmisi, gardu induk, sistem distribusi primer, sistem distribusi sekunder, dan utilisasi sistem tenaga listrik untuk penerangan dan tenaga.
  2. Mampu menganalisis rangkaian listrik secara matematis dan menggunakan software aplikasi simulasi rangkaian.
  3. Mampu merancang sistem kontrol berbasis elektromagnetik, hidrolik, pneumatic dan elektronik menggunakan mikrokontroller, PLC dan instrumentasi menggunakan software aplikasi sistem kontrol.
  4. Mampu menganalisis operasi sistem kontrol baik sistem sederhana maupun sistem kompleks.
  5.  Mampu menggunakan kemampuan merancang untuk pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi implementasi perancangan dengan memperhatikan detail perancangan dan kontrol kualitas;
  6. Mampu menyajikan beberapa alternatif solusi rancangan dan membuat keputusan pilihan berdasarkan pertimbangan keilmuan Teknik Elektro